KATA
PENGANTAR
Microsoft
word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah
menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam
mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai
yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk dapat
menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat. Disusun dengan urutan dari memformat
halaman (setup halaman), membuat naskah yang sederhana, memformat dokumen,
fasilitas-fasilitas bantu untuk memudahkan mempercepat pekerjaan, pembuatan
tabel dan seterusnya. Semuanya disusun dengan urutan langkah disertai
contoh soal.
Memang makalah ini ditujukan untuk
pegangan dalam mengikuti kursus, sehingga berbagai variasi mungkin akan
ditemukan dalam pertemuan dikelas, tergantung dari keaktifan perserta. Namun
demikian juga akan mudah dipakai untuk mengulang pelajaran di rumah.
Di harapkan peserta dapat
mengembangkan kemampuan-kemampuan dan petunjuk umum agar dapat mengerjakan
bentuk-bentuk naskah sejenis.
Akhirnya kami berharap semoga
makalah ini dapat bermanfaat.
Penyusun.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.......................................................................... 1
DAFTAR ISI......................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN................................................................... 3
1.1 Latar Belakang................................................................................. 3
1.2 Tujuan.............................................................................................. 3
1.3 Manfaat............................................................................................ 3
BAB II PEMBAHASAN..................................................................... 5
2.1 Sejarah Microsoft
Word.................................................................. 5
2.2 Pengertian
Microsoft Word............................................................ 6
2.3 Fungsi Microsoft
Word................................................................... 8
2.4 Memulai
Mengoperasikan Microsoft Word.................................... 10
2.5 Toolbar Menu.................................................................................. 17
BAB III PENUTUP............................................................................. 28
3.1 Kesimpulan..................................................................................... 28
3.2 Saran............................................................................................... 28
DAFTAR PUSTAKA......................................................................... 29
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pada saat ini kemajuan teknologi,
menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara
kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan
manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak lansung manfaat dari
berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini sangat membantu para
pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari microsoft office adalah
mincrosoft office word.
B.
Tujuan
Setelah membaca makalah ini, pembaca
diharapkan untuk dapat :
1. Memehami cara memulai, menjalankan,
dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu
microsoft office word.
3. Mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word.
4. Mampu menggunakan / mengaplikasikan
penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara
mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi
menu-menu yang ada.
3.
Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan,dan
a.Bagi Pemerintah
Bisa dijadikan
sebagai sumbangsih dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Labuhanbatu.
b.Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.
c.Bagi Mahasiswa
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
b.Bagi Guru
Bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajar agar para anak didiknya dapat mengoperasikan komputer khususnya mengenai Ms. Word.
c.Bagi Mahasiswa
Bisa dijadikan sebagai bahan kajian belajar dalam rangka meningkatkan prestasi diri pada khususnya dan meningkatkan kualitas pendidikan pada umumnya.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Microsoft office
Microsoft
office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan
dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi
di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, Access dan
PowerPoint.
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office
System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
SEJARAH
1981-1990
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik
pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta
Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada
1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983,
pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah
diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh
WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What
You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat
menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak
menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket
Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan
WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai
pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word
untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya,
diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS,
yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun
belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan
MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket
program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985,
program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna
komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01,
yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat
yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil
digunakan.Tahun 1990-1995
Pada
rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for
Windows dirilis Pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan
dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan
performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
A.
PENGERTIAN
MICROSOFT WORD
Microsoft
Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX,
OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
SEJARAH 1981-1990
Banyak
ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama
yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo,
Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981.
Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983,
pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah
diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25
Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh
WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What
You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat
menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak
menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket
Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan
WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai
pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski
memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken
Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk
layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk
seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite,
Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program
Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program
tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna
komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk
menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01,
yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat
yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil
digunakan.
Tahun
1990-1995
Pada
rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for
Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan
dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan
performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata
B.
FUNGSI
MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS
WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun
makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada
dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat
membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan
untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas
yang ada dalam MS WORD.
- Jenis
huruf
Agar
dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah
“font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu
Home+ Font)
- Pembuatan
Numbering
Biasanya,
pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan
dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu,
harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan
peraturan pembuatan suatu dokumen.
3. Pembuatan
Outline
Biasakan
bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline).
Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan
dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal
sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level
2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change
List Level)
- Pemakaian Break SectionBiasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
- Penomoran
Halaman
Seperti
yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan
fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang
dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering +
start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page)
khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu
header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit
header/footer + Design + pilih different first page)
- Pembuatan
Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan
yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor
gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang
diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk
pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table
of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada
perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal
diklik kanan pilih update field.
- Pembuatan
Daftar Isi
Pembuatan
daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of
contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di
update (sama seperti update daftar tabel)
- Editing
dengan Document Map
Agar
editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan
fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini,
perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat)
Memulai
Mengoperasikan Microsoft Word
1.
Membuka
Microsoft Word
Untuk
membuka Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
a. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
b. Pilih menu Program
c. Kemudian pilih dan klik program aplikasi
Microsoft Word.Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilkan.
A. Membuat
Dokumen Baru
Jika kita baru memulai
mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen
kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis
menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1.
Pada
jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol
General.
2.
Double
klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3.
Jendela
siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan
alternatif lain :
1.
Klik
tombol New Document yang ada pada baris menu.
2.
Pada
jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah
kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer
anda.
3.
Selain
kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka
dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
B. Membuka
file yang sudah tesimpan
1.
Klik
menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.
Pilih
file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3.
Klik
pada nama file yang akan dibuka.
4.
Klik
tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
C. Menyimpan
Dokumen
1.
Segera
setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini
dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2.
Pada
jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombol Save.
3.
Pada
layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save.
Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan
komputer padam secara mendadak.
D.
Menutup File Dokumen
1.
Setelah
menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2.
Atau
bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
E. Menutup
Jendela Microsoft Word
1.
Pada
jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word
akan tertutup.
2.
Pastikan
bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3.
Selain
dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan
mengklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft
Word.
F.
Mengetik
Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program
aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang
diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan
teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan
bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse.
Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks
tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris
berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke
baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru
sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan
sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri
dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan
tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu
paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya,
tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik
surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen
tersebut dengan nama Undangan Training.
G.
Mengedit
Teks
Jika anda membuat kesalahan
selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
·
Tekan
tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
·
Tekan
tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
·
Untuk
melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat
Typing (Ctrl+Y).
·
Untuk
menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing
(Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
·
Untuk
pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol
Shift+Enter.
H.
Meng-Copy
/ Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi
lain, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih
teks yang akan Anda salin.
2.
Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3.
Tempatkan
titik sisip di lokasi baru.
4.
Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
I.
Men-Delete
/ Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang
telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1.
Pilih
teks yang akan anda hapus.
2.
Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
J.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan
Teks.
Untuk memindahkan teks yang
Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
berikut ini :
1.
Pilih
teks yang akan Anda pindahkan
2.
Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3.
Tempatkan
titik sisip pada lokasi baru.
4.
Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
K.
Format
Teks
·
Pilih
atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda
inginkan.
·
Tempatkan
titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik
teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks
yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda
pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik
sisip ke bagian lain pada dokumen.
L.
Mengubah
Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk
huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain.
Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
·
Pilih
atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
·
Pilih
dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
M.
Mengubah
Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda
ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan
memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point.
Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik,
ikuti langkah berikut ini :
§
Pilih
atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
§
Pilih
dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang
terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
N.
Mengatur
Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala
sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa
judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan
teks atau kalimat yang mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format
paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
menggunakan salah satu cara berikut ini :
§
Pilih
paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan
anda.
§
Tempatkan
pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
O.
Mencetak
Dokumen
Apabila anda ingin mencetak
dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di
layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut
ini :
1.
Pilih
dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2.
Pada
tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3.
Anda
dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan
dan pengisian pada kotak Page Range.
•
Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4.
Apabila
anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian
Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5.
Pada
tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi
dokumen.
6.
Tentukan
halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
•
All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman
genap.
•
Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
•
Even pages,
7.
Klik OK.
P.
Mengakhiri
Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan
pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat
mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya
dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang
telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft
Word.
Untuk keluar dari Microsoft
Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
1.
Pilih
dan klik tombol pada menu File, Exit .
2.
Klik
tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3.
Tekan
Alt +F4
Q.
Bagian-bagian
yang ada pada Microsoft word beserta fungsinya
Berikut ini sebuah gambar
tampilan pada Microsoft word 2003 dan beberapa fungsi yang ada di dalamnya:
Di dalam Microsoft word terdiri dari yang namanya Tollbar.Toolbaradalah
kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen dalam
program pengolah kata Microsoft word.Toolbar itu sendiri terdiri atas 3 bagian,
yaitu:
ToolBar Menu
Yang termasuk ke
dalam toolbar menu adalah:
1. Menu File
Menu
file berfungsi untuk mengatur file
dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas
dokumen, dsb. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada
di menu file.
a. New : Membuat
file yang baru
b. Open : Membuka File yang pernah kita buat (Ctrl+O)
c. Close : Menutup file yang sedang kita buka
d. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya
telah kita simpan dan telah diberi nama (Ctrl+S)
e. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini
kita perlu mencantumkan nama file yang akan
kita tempatkan file tersebut
f. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
g. Web page Preview : Preview halaman web
h. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
i.
Print Preview
: Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
j.
Print : Mencetak
dokumen yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P)
k. Sent To : Mengirimkan dokumen
l.
Exit : Keluar dari
Program Word
2. Menu Edit
Menu
Edit berfungsi
untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini
gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
a. Undo Typing : Membatalkan
perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
b. Repeat Typing : Membatalkan
perintah yang telah terlanjur dibatalkan
c. Cut : Menghapus suatu
objek dari lembar kerja
d. Copy : Mengcopy
suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
e. Clear : Membersihkan
f. Paste : Mengambil
object yang sudah disimpan pada clipboard dengan
cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
g. Paste Special : Mengambil
object yang sudah disimpan pada clipboard yang
kemudian diletakkan dilembar kerja
h. Select All : Memilih
keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
i.
Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
j.
Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata
yang baru secara keseluruhan
k. Go To : Menuju
kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur
bagaimana tampilan dokumen. Berikut ini
gambar dan fungsi bagian yang ada di menu view.
a. Normal : Menampilkan
format teks tetapi disederhanakan halamannya sehingga mempermudah kita dalam
melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
b. Print Layout : Menampilkan
bagaimana teks yang sesungguhnya
c. Reading Layout : Membaca
dokumen halaman per halaman
d. Task Pane : Menampilkan
beragam perintah cepat Word
e. Ruller : Menampilkan
ukuran garis pada lembar kerja
kita
f.
Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek
g. Headaer and Footer
: Membuat judul berulang diatas (header) dan
dibawah (footer)
h. Full Sscreen
: Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
i.
Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan
dokumen
4. Menu Insert
Menu
Insert berfungsi untuk
menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
1.
Break : Berganti Halaman
2. Page Number : Penomoran
halaman
3. Date and Time : Menyisip
waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu
simbol
5. Footnote : Membuat catatan
kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip
diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks
di dalam kotak
9. File : Menyisipkan
suatu file pada lembar kerja kita
10. Object : Menyisip suatu
objek atau program lain yang akan digunakan dalam
bekerja.
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen.
Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan
fungsi bagian yang ada di menu format.
a. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
b. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
c. Bullet and Numbering
: Fasilitas untuk
memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
d. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada
teks yang kita buat
e. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
f. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
g. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
h. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang
dipilih
i.
Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi
huruf besar dan sebaliknya
j.
Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
k. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
l.
Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu tools.
a. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
b. Research :Mencari dokumen tertentu
c. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
d. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
e. Customize :Pengaturan, penambahan, dan
pengurangan jenis ikon yang aktif yang akan digunakan dalam
menu
f. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun
pengaturan umum
7. Menu Table
Menu
Table berfungsi untuk membuat table dan mengatur
tabel tersebut.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.
a. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
b. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
c. Delete : Menghapus tabel, baris dll
d. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
e. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
f. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
g. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
h. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
i.
Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan
acuan yang ada
j.
Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
k. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
l.
Sort : Mensorting
data yang ada pada tabel
m. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
n. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu
Windows berfungsi untuk mengatur
lembar kerja. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang
ada di menu windows.
a.
New Window : Membuat lembar kerja window baru
b. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
c. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu
Help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu Microsoft
Word. Salah satu bagian yang ada menu help yaitu:
Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu
kita dalam menyelesaikan masalah.
10. Toolbar Standart
Tollbar
standart ini terletak di
bawah toolbar menu dan pada toolbar standart ini berbentuk gambar.Bagian-bagian
dari toolbar standart antara lain:
a.
New Blank Document : Membuat file yang baru
b.
Open : Membuka
file yang telah disimpan
c.
Save : Menyimpan
dokumen
d.
Permission : Menentukan izin akses dokumen
e.
E-Mail : Membuat
dokumen menjadi surat email
f.
Print : Mencetak
dokument yang sudah diketik
g.
Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
h.
Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
i.
Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
j.
Cut : Menghapus
suatu objek dari lembar kerja kita
k.
Copy : Mencopy
suatu objek yang tersimpan pada clipboard
l.
Paste : Mengambil
objek yang sudah ada dalam clipboard
m.
Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
n.
Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
o.
Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
p.
Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
q.
Insert Table : Menyisip tabel
r.
Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
s.
Columns : Membagi
lembar kerja menjadi beberapa kolom
t.
Drawing : Menampilkan
menu Drawing
u.
Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang
tersembunyi
v.
Zoom : Memperbesar/memperkecil
Lembar Kerja
w.
Microsoft office Word help : Menampilkan Bantuan
x.
Read : Membaca
dokument halaman per halaman
11. ToolBar Formatting
Toolbar
Formatting ini terletak di bawah
toolbar standart.Bagian-bagian di dalam toolbar ini antara lain:
a. Styles and Formating
: Memformat huruf
b. Style : Jenis jenis huruf
c. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
d. Font Size : Ukuran huruf
e. Bold : Menebalkan huruf teks
f. Italic : Membuat Teks menjadi miring
g. Underline : Menggaris bawahi Teks
h. Align Left : Perataan Kiri
i.
Center : Perataan
tengah
j.
Align Right : Perataan kanan
k. Justify : Perataan kiri-kanan
l.
Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
m. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
n. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan
nomor paragraf
o. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
p. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
q. Outside Border : Membuat border pada teks
r.
Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
s. Font Colour : Mengatur Warna teks
Untuk menggunakan dan mengaktifkan word dapat
dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik
menu start pada taskbar
2. Klik all programs
-->Microsoft Office --> Microsoft Office Word
Mengenal
Elemen Jendela Word :
12. Menu
Bar
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu
horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas :
a.
Home
Home
merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka
word . Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar
formatting dan paragraph, styledan editing serta clipboard
b.
Insert
Menu
insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer,
Text, Symbol
c.
Page
Layout
Menu
page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph dan
Arrange
d.
References
References
terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography,
Captions, Index, Table of Authorities
e.
Mailings
Mailings
terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview
results, finish.1.6 ReviewReview terdiri dari : proofing Comments, Tracking,
changes, Compare dan Protect.
Dan
ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan..
Ctrl + a –> Select
all
Ctrl + b –> Bold
Ctrl + c –> Copy
Ctrl + d –> Edit
font
Ctrl + e –> Rata
tengah
Ctrl + f –> Find
Ctrl + g –> Go
to
Ctrl + h –> Replace
Ctrl + i –>
Italic
Ctrl + j –>
Rata kiri kanan
Ctrl + k –> Insert
hyperlink
Ctrl + l –> Rata
kiri
Ctrl + m –> Mengatur
indent kiri
Ctrl + n –> Membuat
dokumen baru
Ctrl + o –> Membuka
dokumen yang telah ada
Ctrl + p –> Print
Ctrl + q –> Membersihkan
format paragraf
Ctrl + r –> Right
Ctrl + s –> Save
Ctrl + t –> Mengatur
hanging indent kiri
Ctrl + u –> Underline
Ctrl + v –> Paste
Ctrl + w –> Close
window
Ctrl + x –> Cut
Ctrl + y –> Redo
Ctrl + z –> Undo
Ctrl + ] –> Perbesar
font size
Ctrl + [ –> Perkecil
font size
Ctrl + = –> Subscript
Ctrl +
Shift + = –> Superscript
Ctrl + scroll
ke atas –> Zoom In
Ctrl + scroll
ke bawah –> Zoom Out
Pengenalan
MicrosoftMicrosoft Word
Microsoft Word (selanjutnya dalam tutorial
ini disingkat MS Word atau Word) merupakan program untuk mengolah kata (teks).
Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya skripsi, novel, laporan
penelitian, laporan,dan sebagainya. Selain menulis teks, MS Word juga dapat
digunakan untuk bekerja dengan tabel, teks artistik, formula, menyisipkan
gambar, shape, bagan organisasi dan lainnya.
Secara default, tampilan area kerja program MS
Word terdiri atas Title Bar, Menu
Bar, Tool Bar, Ruler, dan Task Pane, Ruler, scroolbar, status bar. Tampilan
lembar kerja dapat dilihat seperti gambar berikut:
a.
Title
Bar : berisi judul dokumen dan tombol, minimize,maximize,Exit
b.
Menu
Bar : berisi menu-menu shorcut perintah dalam word
c.
Toolbar
: berisi tombol-tombol shorcut perintah dalam word
d.
Tombol
close dokumen
e.
Task
Pane : Panel task (kumpulan task dalam word)
f.
Vertical
scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara vertikal
g.
Horizontal
scroolbar : menggeser tampilan dokumen secara horizontal
h.
Halaman
tempat membuat teks atau dokumen
i.
Horisontal
Ruler : melihat atau mengatur batas teks
j.
Ruler
indent : mengatur tabulasi
k.
Kursor
: penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan
ditempatkan di kursor
l.
Vertikal
ruler :melihat atau mengatur batas teks
m.
Toolbar
drawing : kumpulan tombol shorcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
n.
Status
bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris dan kolom
yang aktif
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil
kesimpulan :
1.
Di
era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai
ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2.
Para
guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3.
Ms.
Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di
seluruh dunia.
B.
Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini
memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik
serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah
ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin
ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas
pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis
merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan
hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini
kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
http
://tri-irawanto.blogspot.com / 2012/11/makalah-microsoft-office-word.html
http
://arfanpkc.blogspot.com / 2012/11/makalah-makalah-microsoft-office.html
http
://nurhidayatdayat34.blogspot.com / 2013/01/makalah-microsoft-wordmicrosoft
4.html
http
://readdanerayhan.blogspot.com / 2011/01/21/makalah-microsoft-office-word.html
http
://tyaeducationcomputer.blogspot.com /
2008/04/makalah-microsoft-office-word.html
http
://docs.google.com /
document/d/1qXurs4vr8ntgbcd9mP0czfyB5Rmikh6v82xn9fvz8ro/edit?pli=1.
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta:
Rajawali Pers Tirtarahardja, U. Dan La Sula. 2000. Pengantar Pendidikan Jaringan Komputer. Jakarta : PT. Rineka Cipta TIM Dosen FIP. 1995. Pengantar dasar-dasar Kependidikan. Surabaya : Usaha nasioanal.
http://tyaeducationcomputer.blogspot.com/2008/04/
PC Media. 2004. Berbagai Jenis Komputer. 12. 2004. Hlm. 10.
0 komentar:
Posting Komentar