Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi
Tugas Kelompok
Disusun
Oleh :
KELOMPOK 3
:
Ø ERWIN PRATAMA
(06111011001)
Ø MAYA RAHMA ZAHARA (06121011004)
DOSEN PEMBIMBING :
Dr. Ketang Wiyono,
S.Pd., M.Pd.
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan
hidayah-Nya penyusunan tugas makalah ini dapat diselesaikan dengan tepat waktu
tanpa ada halangan yang berarti.
Sekarang ini kita
sedang memasuki era reformasi. Setiap negara saling berlomba memajukan diri
dalam bidang ini. Negara yang tertinggal dibidang Teknologi Informasi akan
cenderung tertinggal dibidang – bidang yang lain. Oleh karena itu,negara kita
juga harus mempelajari dan mengembangkan bidang ini. Upaya kami menyusun
makalah ini demi mengembangkan potensi di bidang Teknologi Informasi.
Makalah disusun
berdasarkan kebutuhan mahasiswa. Dengan demikian, materi yang dibahas dalam
makalah ini sudah sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam ilmu teknologi.
Materi yang kami susun dalam makalah ini
adalah microsoft excel yang kami susun dengan sistematika yang baik dan jelas
serta di tulis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami. Dengan
menggunakan makalah
ini maka seorang mahasiswa akan mudah dalam mempelajari microsoft excell serta
dalam perhitungan.
Akhir kata, kami
menyadari “tak ada gading yang tak retak” juga makalah ini tidak lepas dari kekurangan. Oleh
karena itu, kami
mengharapkan kritik dan saran dari pengguna makalah ini terutama rekan - rekan
sekalian demi tercapainya pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
khususnya di bidang microsoft excell. Kami juga mengucapkan terima kasih atas Dosen pembimbing dalam kesediaannya telah memandu dalam proses
pembelajaran Ilmu Teknologi Informasi
Inderalaya,
2 Oktober 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................
i
DAFTAR ISI...........................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...................................................................................
1
1.2 Tujuan.................................................................................................
1
1.3 Manfaat..............................................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Defenisi dan
Fungsi Mc.Excel ......................................................... 3
2.2 Cara Menggunakan
Mc. Excel..........................................................
4
2.3 Penerapan
Mc.Excel..........................................................................
7
2.4 Macam –Macam
Formula Pada Toolbar............................................
10
2.5 Mencari Nilai Rapor Dengan Ketentuan Tertentu............................
10
2.5 Merangkingkan Nilai Siswa..............................................................
11
2.5 Mengelompokkan Nilai
Siswa...........................................................
11
2.5 Cara Membuat Grafik.......................................................................
12
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................................
17
DAFTAR PUSTAKA............................................................................
18
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Microsoft Excel (MS-Excel)
merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang
paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan sangat membantu
kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu
mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang
disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel
2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan
fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah
dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office
lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan
dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan
oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software
Microsoft ini.
Dalam makalah ini kami
menjelaskan mengenai cara menggunakan Mikcrosoft Excel khususnya dalam dunia
pendidikan.Karena fungsi Microsoft Excel sangat berperan penting dalam dunia
pendidikan khusunya bagi para calon guru.Contoh bahwa Microsoft Excel sangat
berperan penting dalam dunia pendidikan misalnya dalam mengentri data – data nilai
siswa,merangking hasil belajar siswa,pembayaran SPP siswa,presensi
kehadiran,dan lain – lain. Dengan alasan tersebut kami menyusun makalah
Microsoft Excel ini demi menunjang bagaimana cara menggunakan Microsoft
Excel.Dengan demikian pembaca dapat menggunakan makalah ini sebagai tuntunan
dalam mempelajari Teknologi Informasi khususnya dalam bidang Microsoft Excel.
1.2 TUJUAN
1.
Mengetahui definisi dan fungsi Microsoft Excel
2.
Mengetahui cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar
3. Dapat mengaplikasikan
Microsoft Excel dalam bidang pendidikan
1.3 RUMUSAN MASALAH
1. Apa definisi dan fungsi Microsoft Excel?
2. Bagaimana cara menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar?
3. Bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel dalam bidang
pendidikan?
BAB II
PEMBAHASAN
Definisi Microsoft
Excel
2.1 Definisi dan Fungsi Microsoft Excel
Microsoft excel adalah program aplikasi yang
banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan
mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan
metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam
penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan
makalah pribadi.
Fungsi Microsoft Excel
1. Kalkulasi,
dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan
mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat
kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita
dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi
dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah dirancang untuk bisa saling
bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar
kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan,bahkan ia juga bisa
melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk
tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft Excel
bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi
penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel
akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap
kali mengalami perubahan.
6.
Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap
pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
2.2 Cara Menggunakan Microsoft
Excel
A.
Menu dan icon pada Microsoft Excel
Gambar
1. Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007
1. Judul
Menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama
file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang
standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan,
mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access
Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya
menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms.Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif Penggulung vertikal
8. Lembar aktif
9. Nama Range
10. Fungsi
11. Penggulung
12. Nomor Baris
13. Nomor Kolom
B. Membuat dokumen pengolah angka
Dari
contoh pengelolaan data sederhana kita akan belajar tentang cara pengetikan di
excel, alignment, cara memformat huruf, cara memformat tabel dan cell. Berikut
adalah contoh penerapan Microsoft Excel dalam bidang keguruan :
Gambar 2. Pengisian Daftar Nilai Siswa
C. Penerapan Microsoft Excel
Microsoft Excel
dapat Langkah-langkah membuat dokumen daftar unit kerja seperti pada Gambar 2
adalah sebagai berikut:
1.
Buat Judul dan Sub Judul Laporan
Arahkan
kursor pada Cell A1 (Kolom A dan Baris 1), kemudian ketikkan tulisan “DAFTAR
NILAI SISWA” pada Cell aktif tersebut.Kemudian ketikkan sub judul laporan pada
Cell A1, A2, A3, dan M5 seperti pada tampilan diatas.
2. Penggunaan alignment, format font dan format
Cell
Untuk membuat Judul Laporan letaknya di tengah-tengah
tabel maka arahkan kursor ke A1 kemudian select cell mulai A1 sampai F1.
Kemudian klik tombol Merge Cell agar judul laporan terletak ditengah-tengah
tabel.
Gambar 3
Agar huruf pada judul
laporan dan tabel tebal maka arahkan kursor pada cell kemudian klik tombol Bold
atau dapat juga melakukan format font lainnya seperti underline atau italic.
Selanjutnya data dapat dilengkapi
seperti Gambar 2.
3. Penggunaan format Tabel dan
Cell
Microsoft Excel
menyediakan fasilitas format table dengan beberapa template seperti memberi
border, warna border, warna cell dan style font dengan kliktombol format table
seperti ini , kemudia akan muncul pilihan style formattabel seperti berikut
ini. Kita
juga dapat melakukan format tabel dan format cell sesuai selera kita atau tidak
menggunakan template yang disediakan Microsoft Excel. Seperti contohnya pada
Gambar 2. menggunakan format tabel dan cell sendiri dengan cara
Gambar 4
Untuk membuat border
pada tabel, blok tabel yang akan di beri border dalam hal ini mulai cell A7
sampai M21, kemudian klik panah pada tombol dan pilih All Border seperti pada
tampilan dibawah ini.
Gambar
5
Untuk memberi warna pada judul tabel
bisa menggunakan fasilitas format cell dengan cara blok cell A7 sampai M8
kemudian klik tombol kemudian akan muncul pilihan style cell yang akan kita
pilih seperti pada tampilan dibawah ini.
Gambar 6
D. Macam-macam formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan penjumlahan
Bentuk umum : =SUM(range sel)
Contoh : Misalkan kita akan
menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya : Untuk
melakukan counter
Bentuk umum :
=COUNT(range sel)
Contoh : Misalkan kita
akan menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan :
=COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai maksimum (terbesar)
Bentuk umum : =MAX(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menetukan nilai terbesar dari sederetan
sel yang berada di sel
F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai minimum (terkecil)
Bentuk umum : =MIN(range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin menentukan nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di
sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai rata-rata
Bentuk umum : =AVERAGE (range sel)
Contoh :
Misalkan kita ingin mengetahui nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya menjadi bilangan
mutlak (absolut)
Bentuk umum : =ABS(range sel)
Contoh :
Misalkan kita bermaksud mengetahui secara mutlak dari sel
yang kita aktifkan, misal di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya : Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X
tidak boleh negative
Bentuk umum : =SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengecek apakah
nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar atau salah (memenuhi syarat atau
tidak)
Bentuk umum : =IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh :
Misalkan kita akan membandingkan nilai di suatu sel yang berada di sel F17,
tentang kriteria siswa dinyatakan lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai
rata-rata siswa lebih besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS,
dan sebaliknya.
Penulisan : =IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya jika kolom F17 lebih besar sama
dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60, maka GAGAL
Keterangan
:
Jika kondisi di sel F17 terpenuhi,
maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi di sel F17 tidak terpenuhi,
maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah hari
Contoh :
=DATE(73,8,11) à 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu
tabel secara vertikal
Bentuk umum : =VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya : Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk umum :=HLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kiri
Bentuk umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3
huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) à
hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter tertentu dari sebuah kanan
Bentuk umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang diambil)
Contoh :Misal
kita akan mengambil karakter yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3) à
hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah
karakter tertentu
Bentuk umum :=MID(teks;start_number; number_char)
Contoh :
Misal kita akan mengambil karakter baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
E.
Mencari Nilai Rapor
Dengan Ketentuan Tertentu
Biasanya untuk nilai rapor, beberapa madrasah menetapkan cara dan ketentuan
yang berbeda. Misalnya nilai rapor didapat dari 70% Rata-rata nilai harian
(tugas, PR, UH, MID) ditambah 30% nilai US, maka rumus yang digunakan untuk
menyelesaikannya adalah sebagai berikut :
=(AVERAGE(D4:I4)*70%)+(J4*30%)
Catatan:
- AVERAGE(D4:I4)
adalah rumus untuk mencari rata-rata nilai tugas, PR, Latihan, UH1, UH 2
dan MID.
- *70% adalah
pengali hasil rata dengan nilai 70/100
- J4*30% adalah
nilai US dikali 30%
- Kalau seandainya
nilai yang didapatkan berkoma (contoh : 66,75) sementara nilai yang kita
inginkan adalah nilai bulat maka klik tombol Decress decimal sampai
didapat nilai bulat yang diinginkan (dalam kasus ini sebanyak dua kali
klik)
F. Merengking Nilai siswa
1. Buka file excel
nilai siswa
2. Letakkan kursor pada
cell rangking seperti contoh gambar berikut
3. Ketik =RANK(
4. Klik Cell nilai
siswa yang akan di ranking
5. Ketik pembatas
statment-nya (bisa , atau ; tergantung settingan komputer) dalam gambar
berikut menggunakan ;
6. Blok seluruh
nilai siswa dari siswa pertama sampai siswa terakhir di kelas tersebut, contoh pada
gambar
7. Tekan tombol F4 yang
ada pada keyboard, sehingga range yang telah kita blok tadi menjadi ABSOLUT dan
ditandai dengan simbol $ pada cell-cellnya.
8. Ketik pembatas
statment-nya, sebagaimana point 5.
9. Ketik angka 0 (nol)
agar nilai siswa yang tinggi menjadi peringkat 1 (satu) dan seterusnya. (nilai
1 (satu) untuk kebalikannya).
10. Ketik kurung tutup
dan tekan tombol enter.
11. Klik dan Tarik cell
rangking siswa pertama sampai ke siswa terakhir dalam satu kelas tersebut.
G.
Mengelompokkan Nilai
Siswa
Salah satu kewajiban guru selain memberikan nilai pada setiap kegiatan
pembelajaran adalah mengelompokkan siswa berdasarkan TUNTAS atau REMEDI. Kalau
siswa yang dibina tidak terlalu banyak maka tidak akan terlalu sulit untuk
mengelompokkan siswa tersebut. Akan tetapi hal ini akan terasa sulit kalau
jumlah siswa banyak.
Berikut ini akan
diberikan langkah-langkah untuk mengelompokkan siswa berdasarkan criteria
diatas. Langkah-langkah ini juga berguna untuk nilai mentah atau nilai yang
sudah diolah.
1.
Buka file data nilai siswa.
2.
Tambah satu kolom disamping nilai yang akan dikelompokkan (dalam kasus ini akan
dikelompokkan siswa berdasarkan nilai rapor yang telah diolah)
3.
Ketiklah rumus berikut :
=IF(L4>74,”Tuntas”,”Remedi”)
Catatan:
- IF adalah Fungsi
dari Excel yang digunakan untuk pengelempokkan data
- L4 adalah Posisi
sel Nilai Rapor siswa pertama
- > (lebih besar)
adalah operator pembanding, bisa juga digunakan >= (lebih besar sama
dengan) atau < (lebih kecil) atau <= (lebih kecil sama dengan).
- 74 adalah KKM mata
pelajaran bersangkutan dikurangi 1 (dalam kasus ini KKM mata pelajaran
adalah 75)
- , (koma)
adalah pembatas antara kriteria yang diberikan dengan kelompok yang
memenuhi kriteria tersebut (jika nilai lebih besar dari 74 maka Tuntas).
Pada beberapa computer lain pembatas ini bisa jadi ; (titik koma)
maka kita tinggal menyesuaikan saja.
- “Tuntas” adalah
kelompok yang memenuhi kriteria, disini kata Tuntas harus diapit oleh
tanda kutip 2 (caranya tekan dan tahan tombol shift yang ada di keyboard
dan secara bersamaan tekan tombol tanda kutip yang berada disamping kanan
tombol enter.
- “Remedi” adalah
kelompok yang tidak memenuhi kriteria yang ditentukan.
1. Ulangi langkah 4 – 6
pada point A (mencari jumlah) untuk siswa selanjutnya.
H.
Cara Membuat Grafik
Berikut
langkah-langkah untuk membuat grafik excel seperti penjelasan dan gambar di
bawah ini.
> Siapkan data yang akan diolah menjadi chart atau grafik.
> Tandai dahulu data yang ingin kita buat menjadi grafik. Untuk data “tahun” tidak ditandai dahulu karena bukan termasuk data untuk digrafikkan (hanya sebagai keterangan dalam gambar grafik). Tetapi akan dimasukkan setelah grafik selesai dibuat.
> Siapkan data yang akan diolah menjadi chart atau grafik.
> Tandai dahulu data yang ingin kita buat menjadi grafik. Untuk data “tahun” tidak ditandai dahulu karena bukan termasuk data untuk digrafikkan (hanya sebagai keterangan dalam gambar grafik). Tetapi akan dimasukkan setelah grafik selesai dibuat.
> Pilih Insert (1), lalu Column (2), lalu Pilih jenis grafik (3)
> Setelah grafik berhasil dibuat, masukkan data “tahun” dengan cara berikut ini:
- Klik kanan pada daerah yang akan dimasukkan data “tahun”, misalnya pada angka 8 dibawah ini(1), Kemudian pilih Select data (2)
- Kemudian Klik Edit
- Akan muncul jendela Axis Labels seperti gambar di bawah ini.
- Tandai kolom “tahun” sebagai pengganti/input tahun untuk label grafik (1), kemudian Klik OK (2)
- Klik OK sekali lagi pada jendela setelahnya.
>
Selesai…
> Untuk
merubah tampilan atau jenis grafik, misalnya grafik garis, anda bisa merubahnya
dengan Klik pada area border grafik (1), kemudian pilih Change Chart Type (2)
> Pilih grafik garis/Line (1), kemudian pilih jenis tampilan grafik garis (2), lalu Klik OK
> Grafik batang berhasil diganti menjadi grafik garis.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari penyusunan makalah ini mengupas tuntas tentang
bagaimana cara mengaplikasikan Microsoft Excel sesuai dengan harapan. Dengan
demikian sedikit banyak makalah ini dapat membantu dalam menjawab semua rumusan
masalah yang ada dan semua pertanyaan – pertanyaan yang berhubungan dengan
Microsoft Excel.
DAFTAR PUSTAKA
Diknas.Kurikulum 2004
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Budi Permana.2000.Microsoft Excel 2000.Jakarta: Exel Media
Komputindo.
Puji Nugroho.1995.Kumpulan Soal – soal Ujian Negara Lotus.Jakarta:
Elex Media Komputindo.
Fauzi,A., Johar Arifin,
dan M. Farikhudin.1999.Aplikasi Excel
dalam Financial Terapan.Jakarta : Elex Media Komputindo.
0 komentar:
Posting Komentar